Cara Melaporkan Konten Unfaedah ala Ferdian Paleka di YouTube

Dengan semakin banyaknya orang yang bercita-cita jadi Youtuber kondang, maka segala cara dilakukan demi konten video yang sensasional. Bahkan konten unfaedah dibuat dengan harapan menjadi viral, seperti yang baru-baru ini dilakukan Ferdian Paleka.

Kasus viralnya video prank buatan Ferdian Paleka merupakan salah satu contoh di mana Youtuber rela melakukan berbagai cara demi memancing reaksi netizen. Sebelum prank kardus sembako berisi sampah ini, YouTube juga sempat diramaikan prank order makanan palsu yang membuat driver ojek online sampai ada yang menangis.

Daripada marah-marah sambil membagikan konten unfaedah ke media sosial lain yang justru bakal membuat kreatornya semakin populer, lebih baik kamu langsung laporkan saja video tersebut. Soalnya, banyak kasus YouTuber jadi viral karena video yang tidak pantas hanya berakhir dengan membuat video minta maaf.

Dari definisi tidak resminya, konten unfaedah merupakan istilah buat konten-konten yang nggak guna. Bukan cuma prank ala Ferdian Paleka, konten ini bisa berupa video kekerasan, ujaran kebencian, provokasi, hoax, pelanggaran hak cipta, dan pornografi.

Terus, bagaimana cara melaporkan konten unfaedah yang dimaksud? Gampang banget! YouTube sudah punya mekanisme khusus buat melaporkan konten-konten itu.

Jika kamu mengakses YouTube dari laptop/komputer, caranya adalah dengan memilih ikon tiga titik (…) di bawah judul video yang kamu tonton. Begitu dipilih, akan muncul pop-up dengan ikon bendera dengan tulisan report/laporkan.

Konten Unfaedah

Setelah itu, bakaln muncul pop-up lagi yang berisikan kategori pelanggaran yang ingin kamu laporkan, kemudian pilih next/berikutnya. Sudah deh! Gampang kan?

Konten Unfaedah Ferdian Paleka

Nantinya video dan pengguna yang kamu laporkan bakalan ditinjau sama pihak YouTube dan ditelusuri apakah benar melanggar Pedoman Komunitas atau tidak. Jika si pembuat konten seris melakukan pelanggaran serius, akunnya bisa di-suspend alias ditutup sama pihak YouTube.

Terus, bagaimana jika akses YouTube dari aplikasi mobile di smartphone? Sebenarnya sama saja, cuma bedanya pada letak tiga titik (…) yang berada di bagian atas kanan. Nanti pilihan report akan muncul dari bawah.

konten unfaedah ferdian paleka

konten unfaedah ferdian paleka

Nah, jika konten unfaedah yang kamu tonton termasuk punya pelanggaran hukum, tidak ada salahnya langsung laporkan ke Departemen Komunikasi dan Informatika, dengan melalui email di aduankonten@mail.kominfo.go.id atau WhatsApp di nomor 0811-922-4545. Kamu hanya perlu menyertakan nama, tautan pengaduan, dan screenshoot atau link dari konten yang ingin diadukan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat laporan ke polisi, lewat email @cybercrime@polri.go.id, akun Twitter @DivHumasPolri, dan Telepon Polri 110. Harapannya, biar ada efek jera bagi pembuat konten unfaedah jika sampai dijerat hukum yang berlaku, seperti Ferdian Paleka yang harus berurusan dengan perangkat hukum.

Jadi, begitulah kira-kira cara melaporkan akun dan video unfaedah yang beredar di YouTube. Dengan melakukan aksi ini, kamu berarti bisa mengantisipasi lahirnya Ferdian Paleka-Ferdian Paleka lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *