Kecepatan Internet untuk Video Streaming di Papua Barat Lebih Baik dari DKI Jakarta

Meskipun Provinsi DKI Jakarta merupakan ibu kota negara yang metropolis, bukan berarti soal kecepatan internet lebih baik. Buktinya, kualitas kecepatan untuk video streaming di daerah ini tidak lebih baik dari salah satu kota di Papua Barat.

Adalah Kota Sorong yang diklaim OpenSignal sebagai kota dengan kecepatan internet terbaik se-Indonesia. Hal ini berdasarkan studi “State of Mobile Network Experience Report 2020” yang dipublikasikan Senin (1/6/2020) dengan berdasarkan analisa pada 44 kota besar di Indonesia.

OpenSignal mengklaim hasil studinya tersebut didapatkan dari berbagai operator dengan teknologi jaringan berbeda. Analisanya lebih kepada pengalaman penggunaan jaringan pengiriman konten dengan video streaming.

Hasilnya, Kota Sorong menjadi kota terbaik diikuti dengan Kota Ambon dan Kota Jayapura yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga terbaik. Dengan begitu, pengguna jaringan layanan seluler di kota-kota tersebut rata-rata mengalami waktu streaming yang lebih cepat dan hanya tersendat sesekali dibandingkan kota-kota lainnya.

Baca juga: Tri Indonesia Hadirkan Paket Layanan Streaming Ramadan dengan Internet Anti Buffering

Meskipun begitu, OpenSignal mengakui secara keseluruhan pengalaman internetan di Indonesia nggak jelek-jelek banget, karena tergantung lokasinya. Sehingga bisa dibilang pengguna layanan seluler di kota-kota tersebut menikmati pengalaman video streaming yang baik.

Pengguna internet di 40 kota diklaim merasakan pengalaman internet yang baik dengan skor antara 55-65, berarti banyak pengguna di kawasan perkotaan bisa memaklumi ketika menerima video dengan resolusi rendah dan tersendat ketika melakukan streaming pada resolusi tinggi.

Tergantung Permintaan

Dari hasil studi OpenSignal, terungkap pula jika kota-kota yang lebih maju dan besar justru berada di 10 besar peringkat terbaik, di mana untuk Kota Jakarta sebagai megapolis Indonesia berada di peringkat ke-28. Jika melihat semua kota terbesar di Indonesia, trennya sama, seperti Makasar, Palembang, Medan, Bekasi, dan Tangerang, semuanya berada di luar 10 besar.

video streaming opensignal

Lalu apa sih yang bisa mempengaruhi kualitas internet untuk video streaming? Tak lain dan tak bukan adalah demand alias permintaan. Semakin banyak pengguna yang melakukan aktivitas video streaming, semakin banyak kapasitas jaringan yang terpakai, dan bisa menurunkan kualitas penggunaan.

Meskipun secara umum operator telekomunikasi memusatkan peningkatan jaringan dan kapasitas mereka di kota-kota besar, sering kali tidak bisa mengimbangi dengan tingginya permintaan atau penggunaan yang terus meningkat dari konsumsi data di kota-kota dengan jumlah penduduk padat dan melek dengan teknologi.

Bagaimana dengan kualitas internet untuk video streaming di kotamu, Streaminger?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *