Layanan Internet Telkomel dan IndiHome Diklaim Steam Paling Lambat di Indonesia

internet telkomsel indihome

Baru-baru ini Steam merilis data mengenai kecepatan internet di tiap negara. Khusus yang Indonesia, platform game terbesar di dunia ini mengklaim layanan internet Telkomsel dan IndiHome paling lambat.

Berdasarkan data yang dirilis Steam, Telkomsel menjadi yang paling lambat di Indonesia dengan rata-rata kecepatan hanya 6,6 Mbps. Di posisi kedua, ada Telkom Indonesia yang kecepatannya 7 Mbps untuk rata-ratanya.

Posisi Telkomsel dan IndiHome yang berdekatan tentu tidak mengherankan. Pasalnya, kedua operator ini merupakan anak perusahaan di bawah naungan Telkom Group.

Jika ada yang paling lemot, siapakah yang internetnya tercepat? Steam mengklaim MyRepublic ID sebagai yang tercepat dengan kecepatan download sebesar 35 Mbps.

Di peringkat kedua ada PT XL Axiata Tbk (XL) yang kecepatan internetnya rata-rata 28,5 Mbps. Disusul Biznet Network di peringkat ketiga dengan kecepatan rata-rata 28,3 Mbps.

kecepatan internet
Daftar kecepatan internet operator di Indonesia (foto: screenshoot Steam)

Namun, data yang dihadirkan Steam bisa berubah-ubah dalam 7 hari. Bisa jadi kecepatan internet operator bisa berubah dalam waktu seminggu terakhir, bisa tambah cepat atau bisa juga tambah lambat.

Baca juga: Kecepatan Internet di DKI Jakarta Kalah Telak dari Papua Barat

Yang pasti, data yang dihadirkan Steam bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin mendapatkan performa internet memadai untuk aktivitas kamu seperti browsing, streaming, dan lainnya.

Klik website ini, untuk mengetahui secara berkala rata-rata kecepatan internet operator di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *