Telkomsel dan IndiHome Segera Buka Blokir Netflix

Biaya langganan Netflix

Setelah lama dinanti-nantikan, akhirnya Telkomsel dan IndiHome memberikan kepastian mengenai pencabutan blokir Netflix. Kelak, pelanggan jaringan internet Telkom Group ini bisa menikmati layanan streaming platform tersebut.

Hal ini terungkap lewat webinar Ngobrol@Tempo yang digelar Kamis (11/6/2020) kemarin. Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel yang jadi guest speaker dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya bersama perusahaan induk Telkom Group sedang melakukan pembicaraan lebih lanjut untuk membuka blokir Netflix.

“Ini sedikit bocoran, kita sedang bicara serius dengan Netflix. Kita tahu bersama kenapa Telkom Group, tidak hanya Telkomsel, tetapi keseluruhan Telkom Group dulu tidak memperbolehkan pelanggan mengakses Netflix. Ini karena alasan etik. Ada beberapa hal yang tidak disepakati pihak Netflix terkait kebijakan konten,” ujar Setyanto.

Belakangan ini, pihak Netflix diakui Setyanto telah berubah, mau kompromi soal kebijakan konten. Sebelumnya platform streaming ini tidak mau mematuhi regulasi pemerintah Indonesia mengenai konten negatif yang ada di layanannya.

“Kami melihat sekarang Netflix telah banyak berubah. Parental control-nya lebih baik dan sudah banyak melakukan kerja sama dengan produsen konten lokal. Kemudian ada take down policy yang jauh lebih baik dari dulu, sehingga kami sekarang sedang dalam proses yang serius menuju ke arah sana. Menuju ke arah memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix dari jaringan Telkom,” jelas Setyanto lagi.

Baca juga: Laporan Aneh Telkomsel: Mahasiswa Lebih Suka Akses Netflix daripada Belajar Online

Seminggu sebelumnya, seperti diberitakan Kumparan, Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom Indonesia sudah mengungkapkan syarat yang harus dipenuhi Netlix agar operator telekomunikasi ini membuka akses jaringannya. Pihaknya menekannya masalah konten dan kebijakan perusahaan.

“Itu tergantung hasil diskusi Netflix dengan Telkom. Kalau mereka mau mengubah agar lebih comply dengan regulasi, terutama dalam hal konten dan take down policy, serta memberdayakan produsen konten lokal, maka kita siap membuka blokir Netflix di IndiHome maupun Telkomsel,” ujarnya.

Meskipun tidak memberikan tanggal pastinya, namun Setyanto mengucapkan sebaris kalimat yang tentunya akan menggembirakan para pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang telah lama menantikan kehadiran Netflix di jaringan internetnya: “Insya Allah, dalam hitungan minggu.”

Netflix

Seperti diketahui, Telkom Group bisa dibilang merupakan satu-satunya perusahaan telekomunikasi yang hingga kini melakukan blokir Netflix. Padahal, platform streaming ini sudah hadir di Indonesia sejak Januari 2016 dan memilik pelanggan yang tidak sedikit, yakni diperkirakan sebanyak 482 ribu pelanggan.

Mengenai komitmennya dalam mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia, Netflix dikabarkan sudah menyiapkan dana investasi sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar. Selain itu, beberapa judul film Indonesia juga telah masuk ke dalam platformnya, di antaranya The Night Come for Us yang merupakan film Indonesia pertama yang diproduksi Netflix.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *