Laporan Aneh Telkomsel: Mahasiswa Lebih Suka Akses Netflix daripada Belajar Online

telkomsel netflix

blokir netflix

Bagi pelanggan Telkomsel, pasti sudah tahu kalau operator telekomunikasi yang satu ini belum membuka akses Netflix. Tapi, tiba-tiba saja ada laporan yang aneh bin jangkal yang diklaim operator ini yang kembali viral.

Sebenarnya, berita yang menghebohkan ini dilansir Kompas.com sejak lama, yakni Jumat (17/4/2020). Namun, entah kenapa netizen +62 kembali meramaikan berita ini dan jadi meme di mana-mana.

Jadi, ceritanya waktu itu Komisaris Independen PT Telkom Indonesia, Marsudi Wahyu Kisworo dalam telekonferensinya melaporkan bahwa banyak mahasiswa yang menggunakan kuota internet Telkomsel untuk menonton Neflix dibandingkan mengakses aplikasi belajar online selama pandemi COVID-19.

“Dari statistik trafik kami satu bulan ini, mahasiswa lebih banyak nonton Netflix, bukan pembelajaran,” ujarnya.

Hal ini menurutnya sangat disayangkan mengingat Telkomsel telah bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan belajar online. Dia juga meminta pihak kampus untuk memastikan penggunaan kuota gratis benar-benar dimanfaatkan untuk belajar bukan nonton.

Jika berbicara mengenai produktivitas, tentu saja apa yang diungkapkan Marsudi sangat masuk akal. Masa iya sih mahasiswa sampai segitu teganya menghabiskan kuota internet gratisan yang diberikan buat nonton?

Namun, yang janggal adalah Telkomsel hingga saat ini belum membuka akses buat nonton di Neflix. Alih-alih berkompromi dengan tuntutan pasar, operator ini tetap idealis menjajakan produk MAXStream yang memungkinkan pelanggannya mengakses berbagai layanan streaming di luar Netflix.

Jadi, dari laporan tersebut bisa disimpulkan bahwa Telkomsel bisa mendeteksi bahwa banyak pelanggannya dari kalangan mahasiswa yang menggunakan Virtual Private Network (VPN) untuk mengakses Netflix.

Memang harus diakui, dengan kecepatan yang terbilang memadai, internet jaringan Telkomsel memang mengasyikan buat nonton video streaming. Namun, dengan menggunakan VPN akses internet akan melambat dan yang paling mengerikan adalah adanya kemungkinan pencurian data dan penyebaran virus dari penyedia yang nakal.

Sebenarnya Telkomsel berikut Telkom Group sendiri bukan tidak menyadari adanya desakan dari pelanggannya untuk membuka akses Netflix. Bahkan, pihaknya pernah mengklaim tidak pernah mendiskriminasi platform tersebut.

Hanya saja, kesepakatan mengenai kerja sama keduanya belum mendapatkan titik temu. Hal ini seperti diungkapkan Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Siti Choiriana di sela Press Conference IndiHome 2020 yang digelar Senin (24/2/2020) lalu.

“Dalam konteks legal, bisnis dan teknis, kami belum cocok nih, karena belum bertemu dengan mereka (Netflix). Jadi tunggu saja,” ujarnya.

Jadi, kira-kira kapan ya Telkom Group bakal membuka blokir terhadap Netflix? Kamu sendiri setuju nggak, Streaminger?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *