Justice League Versi Zack Snyder Bakal Dirilis di HBO Max

Kabar gembira bagi kamu fanboy superhero DC Comics. Zack Snyder dikabarkan bakal memoles kembali Justice League untuk dirilis lagi ke HBO Max.

Ya, setelah cuma menjadi rumor di kalangan fanboy, akhirnya proyek “SnyderCut” benar-benar diwujudkan. Bahkan berdasarkan informasi yang dikutip dari The Hollywood Reporter, Rabu (20/5/2020), Zack mendapatkan budget produksi sekitar US$20 juta untuk memoles kembali Justice League sesuai dengan ide aslinya.

Adapun budget tersebut digunakan untuk menambahkan beberapa poin penting, seperti music score dan efek visual. Nantinya, film ini akan dirilis di HBO Max yang dibagi dalam enam episode di tahun 2021.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HBO Max dan Warner Brothers untuk keberaniannya mendukung para seniman dalam proyek ini dan memungkinkan visi sejati mereka terwujud. Juga terima kasih khususnya semua yang terlibat dalam gerakan SnyderCut yang telah mendorong terwujudnya hal ini,” ujar Zack.

zack snyder justice league 2
Poster Justice League versi Zack Snyder (foto: HBO)

Seperti kita tahu, meskipun berhasil mencetak box office, Justice League dianggap mengecewakan dari sisi kualitas. Jika dibanding-bandingkan dengan Avengers-nya MCU, film ini bagaikan langit dan bumi.

Dengan penghasilannya sebesar US$658 juta di seluruh dunia, tidak mampu membuat penonton puas. Kekecewaan itu akhirnya ditumpahkan kepada creative executive DC Comics Geoff Johns dan Joss Whedon.

Hal ini tak lepas dari keputusan Zack Snyder yang lepas tangan dari produksi film yang dibintangi Gal Gadot dkk tersebut. Produksi yang sudah setengah berjalan akhirnya diambil alih oleh Joss yang sebenarnya pernah terlibat sebagai penulis sekaligus sutradara The Avengers.

Zack menarik diri dari produksi Justice League bukan tanpa alasan personal, melainkan karena anak perempuannya meninggal karena bunuh diri pada Maret 2017 lalu. Zack bersama sang istri harus beristirahat dari dunia perfilman demi memulihkan kondisi mental keluarga mereka.

“Tuntuan pekerjaan ini cukup ketat, ini menggegoroti saya. Dan dalam dua bulan terakhir saya lantas menyadari saya telah memutuskan untuk mundur dari film untuk tinggal bersama keluarga saya, bersama anak-anak saya, yang sangat membutuhkan saya. Mereka semua mengalami kesulitan, begitupun dengan saya,” ungkap Snyder saat itu.

Pergantian kursi sutradara dari Jack ke Joss ternyata berbuah petaka. Joss dianggap terlalu memasukan hal yang tidak penting dan memotong hal penting dari film tersebut. Akibatnya Justice League dianggap tidak sesuai harapan dan berujung kritik pedas.

Saking jeleknya Justice League ala Joss, para fans membuat petisi yang ditandatangani hingga 100 ribu orang, terhitung lima hari setelah film itu dirilis. Mereka mendesak agar Warner Bros. merilis Justice League versi Zack alias SnyderCut.

Gal Gadon dan Ben Affleck Turun Tangan

Bukan cuma itu saja, dalam perayaan ulang tahun kedua film tersebut, para cast seperti Gal Gadot dan Ben Affleck menyerukan agar SnyderCut dirilis melalui Twitter dengan tagar #ReleaseTheSnyderCut dan langsung trending.

Bak gayung bersambung, Zack langsung membalas tweet Gal Gadot dengan kalimat “Amazonian kuno ini tidak mungkin salah”. Dia juga kemudian membalas tweet Ben Affeck, “Begitu juga dengan Batman”.

Dengan adanya rencana pemolesan ulang Justice League, tentunya membuktikan bahwa SnyderCut memang bukan mitos belaka setelah menjadi spekulasi di kalangan fans. Jason Momoa sendiri dikabarkan pernah melihat film versi itu.

Ketika diwawancara pada program podcast ReelBlend CinemaBlend, sutradara Kevin Smith mengungkapkan bahwa SnyderCut benar-benar ada, meskipun dia belum menyaksikan film tersebut.

“Itu film yang bisa ditonton orang-orang di tim produksi. Bukan film untuk dirilis ke publik,” ujarnya.

Jadi, tampaknya kita lihat saja nanti akan sebagus apa Justice League ala Zack Snyder ini. Semoga saja memang sebagus harapan para fans …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *