Biaya Langganan Netflix Jadi Naik Per Hari Ini, Jadi Berapa?

Biaya langganan Netflix

Satu bulan setelah pemerintah mengenakan pajak bagi penyedia produk digital seperti streaming musik, film, aplikasi dan game dari luar negeri, akhirnya yang “ditakutkan” muncul. Ya, biaya langganan Netflix mengalami kenaikan per hari ini, Sabtu (1/8/2020).

Dengan pemberlakukan ini, biaya berlangganan Netflix berlaku pada tanggal tertanggih, yakni pada bulan September. Adapun tarifnya adalah sebagai berikut (termasuk PPN 10%):

1. Paket ponsel yang sebelumnya Rp 49 ribu menjadi Rp 54 ribu.

2. Paket Dasar yang sebelumnya Rp 109 ribu menjadi Rp 120 ribu.

3. Paket Premum yang sebelumnya Rp 169 ribu menjadi Rp 186 ribu.

Biaya langganan netflix
Biaya langganan Netflix terbaru (foto: screenshoot Netflix.com)

Seperti diketahui, sebelumnya Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menarik pajak bagi transaksi barang atau jasa digital mulai 1 Juli 2020. Ketentuan ini berlaku bagi pembelian produk digital seperti aplikasi streaming musik, film, aplikasi, dan game online dari luar negeri.

Adapun pajak pertambahan nilai (PPN) yang diberikan adalah sebesar 10% dari nilai transaksi. Jadi mungkin mirip dengan pengenaan pajak pada pembelian makanan di restoran, tentunya tanpa pajak pelayanan.

Baca juga: Netflix, Spotify, dan Layanan Streaming Lainnya Wajib Bayar Pajak Mulai 1 Juli 2020

Jadi, bagi pelaku usaha Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PSME) yang telah memenuhi kriteria nilai transaksi atau jumlah traffic tertentu dalam waktu 12 bulan, ditunjuk oleh Menteri Keuangan melalui Dirjen Pajak sebagai pemungut PPN. Bagi yang belum memenuhi kriteria, bisa memberitahukan mengenai hal ini secara online ke Ditjen Pajak.

Apakah setelah biaya langganan Netflix, platform streaming lainnya juga akan mengalami kenaikan? Kita lihat saja nanti, Streaminger!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *