Sidang Isbat Penentuan Lebaran Idulfitri 1441 H Bisa Ditonton via Live Streaming

Idulfitri 1441 h

Lebaran sebentar lagi, pastinya kamu sudah nggak sabar menantikan hari kemenangan ini. Tapi sebenarnya Idulfitri 1441 H jatuh tanggal berapa sih?

Nah, buat kamu yang mau tahu secara langsung kapan jatuhnya hari raya ini, bisa nonton secara langsung di TVRI maupun YouTube. Jadwal live streaming-nya Jumat (22/5/2020) pukul 16.45-19.20 WIB.

Adapun penentuan Idulfitri 1441 H berdasarkan sidang isbat yang setiap tahunnya digelar di Gedung Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Biasanya memang dilakukan sekitar H-1 sebelum hari raya ini dirayakan.

Oh iya, selain digelar secara live streaming di TVRI dan YouTube, sidang isbat ini juga bisa kamu saksikan di fanpage Kemenag. Nantinya acara diawali dengan paparan posisi hilal oleh Tim Falakiyah Kemenag.

Seperti diketahui, posisi hilal tu menentukan kapan jatuhnya 1 Syawal 1441 Hijirah alias Idulfitri. Untuk mengetahuinya, harus dilakukan ketika matahar terbenam.

Ketika posisi hilal sudah ditemukan, Menteri Agama Fachrul Razi akan melakukan sidang isbat yang merupakan penentuan 1 Syawal 1441 H. Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, serta pejabat Kemenag akan mengisi sidang ini.

Selain itu, beberapa perwakilan ormas Islam juga mengikuti sidang ini. Namun, berhubung masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan adanya physical distancing, mereka bisa menyaksikannya lebih webinar yang telah disediakan sejak pukul 18.15 WIB.

Jika hilal terlihat pada Jumat sore ini, maka sudah dipastikan umat Islam bisa merayakan Idulfitri pada esok harinya, alias Sabtu (23/5/2020) meskipun pada kalender telah “di-tag” pada hari Minggu (24/5/2020).

Jika sebaliknya bulan sabit muda pertama tidak terlihat sore hari nanti, maka bulan Ramadan digenapkan menjadi 30 hari. Dengan begitu perayaan Idulfitri dilakukan sesuai kalender nasional.

Jadi, buat Streaming yang merayakan Idulfitri besok atau lusa, kami tim Streamingan.ID ingin mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Jangan lupa untuk tetap jaga jarak ya, agar perayaan Lebaran tidak berkontribusi terhadap peningkatan jumlah pasien positif COVID-19.

Stay healthy and safe ya, Streaminger!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *