Review ‘Tiger King’: Kisah Ekstrem di Balik Kegilaan Para Pencinta Binatang

Tak mengherankan jika Tiger King diklaim sebagai serial dokumenter yang paling diperbincangkan di Amerika Serikat saat ini. Bukan hanya menampilkan kegilaan para pencinta binatang, tapi banyak hal sensitif yang diungkap di seluruh episodenya.

Sesuai namanya, Tiger King: Murder, Mayhem, dan Madness bagaikan sebuah kompilasi kisah persaingan, percintaan, dan obsesi yang berujung pada kasus kriminal. Ketiga tema ini sebenarnya berpusat pada sosok Joe Exotic, seorang pemilik kebun binatang G.W Zoo di Wynnewood, Oklahoma yang berseteru dengan Carole Baskin, petinggi Big Cat Rescue yang merupakan organisasi konvervasi binatang.

Carole menganggap Joe telah melakukan eksploitasi binatang eksotis, seperti macan, singa, dan sejenisnya. Sebaliknya, Joe menilai Carole adalah seorang munafik yang berkedok pencinta dan pelindung binatang.

Bersama organisasinya, Carole memang fokus pada penyelamatan binatang eksotis. Menurut dia, di Amerika Serikat terlalu banyak orang memelihara jenis binatang ini dengan tidak layak. Bahkan ketika tidak sanggup memelihara, tidak sedikit yang melepaskannya begitu saja sehingga membahayakan orang lain.

Tiger King
Carole Baskin dan konservasi binatang miliknya.

Namun, di satu sisi, dokumentasi ini juga menyorot ternyata Carole bukan orang suci-suci banget. Kalau dilihat dari konservasi binatang yang dia miliki, jauh dari layak di mana kandangnya sangat kecil. Bahkan dia juga mengeksploitasi para aktivitas dan pencinta binatang untuk menjadi relawannya dengan tanpa gaji sepeser pun.

Di salah satu episode, Joe mengaku memata-matai lahan konservasi milik Carole yang menurutnya jauh dari layak. Binatang-binatang yang ada di Big Cat Rescue memang terlihat lebih kurus dan nggak keurus, beda banget dengan binatang peliharaan milik Joe yang lebih gemuk dan bersih, sekalipun tidak diberikan makanan yang layak.

Di antara persaingan keduanya ini, ada sosok yang jadi panutan Joe, yakni Bhagavan Antle. Berbeda dengan Joe dan Carole, kebun binatang miliknya jauh lebih besar dan terawat.

Karisma yang Menaklukan

Menariknya, dengan karisma yang dimiliki masing-masing karakter, baik Joe, Carole, dan Bhagavan seperti memiliki pengikut setia yang memujanya. Di sinilah fakta yang belum pernah saya lihat sebelumnya, bahwa ternyata pencinta binatang itu sebenarnya adalah sosok yang “mengerikan”.

Joe misalnya, dia punya anak buah yang setia bekerja hingga puluhan tahun. Padahal semua pegawainya tidak hidup layak, di mana makanan dan tempat tinggalnya sangat kotor dan jorok.

Bekerja dengan Joe mungkin hanya cocok bagi para mantan penjahat yang tidak ada pilihan bekerja di tempat lain. Namun, di satu sisi, karisma Joe benar-benar membuat anak buahnya setia, sekalipun ada yang pernah kehilangan tangannya akibat digigit salah satu binatang peliharaan yang ada di kebun binatang milik Joe.

Baca juga: Review Serial Dokumenter ‘The Last Dance’ dari Cewek yang Nggak Suka Basket

Bukan cuma itu saja, Joe juga berhasil memikat dua orang cowok untuk menikah dan tinggal serumah dengannya. Bahan pernikahan kedua suaminya itu dilakukan di hari yang sama. Dia bahkan juga menikah lagi hingga punya tiga suami. Duh!

Tiger King
Carole Baskin, Joe Exotic, dan Bhagavan Antle.

Nggak jauh berbeda dengan Joe yang memanfaatkan orang untuk setia bekerja dengannya, Carole mengaku nggak pernah mengeluarkan sepeser uang untuk mengelola organisasi dan kebun binatang miliknya. Setiap hari dia seolah memanfaatkan kebaikan relawan untuk bekerja seharian penuh tanpa digaji.

Yang paling unik mungkin Bhagavan yang hidupnya penuh dengan kemewahan. Dia mempekerjakan cewek-cewek cantik dan seksi sebagai pengelola kebun binatangnya. Ajaibnya, mereka mau begitu saja bekerja seharian penuh dengan gaji kecil dan jadi selirnya di ranjang.

Banyak Kegilaan

Tiger King tampaknya membuat saya tersadar bahwa kecintaan orang terhadap binatang bisa membuat orang kagum dan akhirnya menjadi pemuja, sekalipun ternyata si pencinta binatang itu memiliki sisi gelap. Binatang seolah bisa menjadi alat menaklukan manusia.

Namun, yang paling seru dan bikin penasaran adalah di bagian ketika Don Lewis, suami Carole menghilang di tahun 1997. Joe munuduh Carole telah membunuh suaminya sendiri, namun pada akhirnya dia justru tersangkut kasus percobaan pembunuhan karena telah membayar seseorang untuk membutuh Carole.

Sungguh menonton seluruh episode Tiger King merupakan hiburan dan wawasan tersendiri yang membuat saya tercengang. Begitu banyak kegilaan di dalamnya yang membuat saya percaya bahwa seorang pencinta binatang bukanlah sosok yang sempurna.

  • Plot
  • Cast
  • Cinematography
  • Music Score
4

Summary

Menonton seluruh episode Tiger King merupakan hiburan dan wawasan tersendiri yang membuat saya tercengang. Begitu banyak kegilaan di dalamnya yang membuat saya percaya bahwa seorang pencinta binatang bukanlah sosok yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *