Didik Nini Thowok Turun Gunung, Bikin Video Lathi Challenge yang Hebohkan Netizen

Didik Nini Thowok

Tren Lathi Challenge yang terinspirasi dari lagu viral “Lathi”-nya Weird Genius bukan cuma diramaikan anak-anak TikTok saja. Buktinya, penari legendaris Didik Nini Thowok juga ikutan meramaikan tren ini dengan konsep yang bikin melongo.

Eyang Didik menggugah video Lathi Challenge buatannya di YouTube Channel miliknya, Selasa (23/6/2020). Seperti biasa, challange dimulai dengan verse lagu “Lathi”, di mana pada bagian ini wajah dia masih terlihat polos dan menatap ke arah layar dengan tatapan kosong.

Begitu bagian lirik “Everything has changed”, Didik mulai mengibaskan kipas ke wajahnya yang berangsur-angsur berubah dengan riasan make-up khas penari. Proses tampilan riasan ini juga ditampilkan separuh-separuh seperti Lathi Challenge yang banyak beredar.

didik Nini Thowok 2
Perubahan awal wajah Didik Nini Thowok di video Lathi Challenge (foto: YouTube)

Setelah sebuah topeng ditempelkan ke wajah, make-up paripurna sudah memenuhi wajah Didik berikut bulu mata palsu yang tebal. Begitu dia mengangkat kain, sebuah konde sudah menggantung di kepalanya, lengkap dengan hiasan kembang.

Kecantikan sosok perempuan berkonde yang ditampilkan Didik berubah menjadi menyeramkan ketika dia membuka tangan yang sekilas menutup wajahnya. Pada bagian mulut, bukan gincu merah lagi yang menghiasi wajah Didk, melainkan senyum tengkorak dengan gigi-gigi besar.

Berangsur-angsur, wajah Didik berubah menjadi tengkorak. Jika dilihat-lihat, sepintas mirip dengan make-up tengkorak yang biasa digunakan para perayaan Hari Kematian di Meksiko, seperti yang pernah ditampilkan di film animasi Coco.

Sambil memainkan kelenturan tangan dan kelentikan jarinya, sosok Didik mulai berubah-ubah, dari sosok yang menggunakan berbagai topeng khas berbagai daerah di Indonesia. Meskipun menyeramkan, tetap ada konsep ke-Indonesia-an yang ditampilkan, terutama pada bagian bayangan penari jaipong yang luwes.

Ending-nya Didik tampil seram sekaligus lucu, dengan topeng yang menghisap sebuah cerutu besar dengan kacamata merah besar pula. Pada bagian mata kirinya, dibuat seolah-olah mencuat keluar.

Apa yang dilakukan Didik ini tentunya mengundang decak kagum para netizen. Banyak yang merasa tercengang dengan kreativitas penari legendaris tersebut pada video Lathi Challenge-nya.

“The legend is back… lets make this trending!!” ujar Risolpdtotol 2020.

“Merinding gila. People need to recognize this talent omg preach,” sahut Savia Imtinan.

Sementara itu, kehebohan juga terjadi di akun gosip Instagram lambe_turah yang memposting sebuah postingan di Twitter mengenai penampilan Didik dengan Lathi Challenge-nya.

Baca juga: Kvitland Sedih Tidak Bisa Rayakan Film ‘Nasi Padang: A Viral Adventure’ di Indonesia

Sekedar informasi buat kamu, Didik Ninik Thowok merupakan nama panggung dari Didik Hadiprayitno, seorang penari yang suka berperan sebagai penari perempuan dengan tradisi Jawa dan Bali. Kiprahnya di dunia tari bukan cuma ramai di Indonesia, tetapi sudah terdengar santer di mancanegara lho.

Dengan umurnya yang tak lagi muda, yakni 65 tahun, tentu membuat kita patut kagum dengan eksistensinya yang terus berkarya. Apalagi, beliau juga ikutan Lathi Challenge yang awalnya hanya dihebohkan kalangan remaja dan milenial pengguna TikTok.

Lewat video tersebut, Didik mengapresiasi apa yang dilakukan Weird Genius dengan lagu “Lathi” yang terkenal hingga ke berbagai negara. “Selamat buat Weird Genius atas karyanya yang menginspirasi banyak orang, termasuk eyang hehehe…,” tulis Didik pada deskripsi video tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *